5 Tips Belanja Selama Berwisata

5 Tips Belanja Selama Berwisata

Selama melakukan kunjungan wisata ke suatu tempat wisata, salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berwisata adalah berbelanja. Ya, belanja merupakan salah satu kegiatan yang disukai banyak orang saat sedang berwisata.

Para wisatawan banyak yang tertarik dengan barang-barang yang dijual disekitar tempat wisata, bagi yang berkantong tebal mungkin hal ini tidak masalah, tinggal membuat daftar barang yang ingin dibeli serta daftar lokasi wisata belanja yang hendak dituju. Namun bagi yang berkantong tipis mungkin dibutuhkan trik-trik jitu, untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah meriah.

Berikut ini ada tips wisata belanja yang bisa Anda ikuti :

 

1. Buat  Daftar Belanja

Sebaiknya sebelum berbelanja ditempat wisata, buatlah daftar belanja, barang apa saja yang ingin Anda beli. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena dengan membuat daftar belanja Anda bisa memperkirakan jumlah brang yang ingin Anda beli. Jangan sampai barang-barang yang tak Anda inginkan terbeli, akhirnya hanya akan menjadi barang percuma dan tak bermanfaat.

Tentukan Anggaran Belanja

Tentukan plafon anggaran yang akan digunakan saat berwisata belanja agar Anda bisa memperkirakan jumlah pengeluaran yang dibutuhkan sat berwisata belanja. Jangan sampai terjadi istilah besar pasak dari pada tiang, pengeluaran yang dikeluarkan untuk belanja lebih besar daripada pemasukan dan uang yang kita punya.

 

2. Cari informasi

Cari informasi tntang tempat penjualan barang-barang yang ingin Anda beli, dan tempat mana yang paling murah menjual berang-barang tersebut. Mungkin ini bisa membantu Anda supaya Anda bisa menghemat sedikit pengeluaran dan kita tak perlu susah payah keliling-keliling sampai berjalan jauh, hanya untuk mencari barang yang di inginkan.

 

3. Jangan mudah tergiur

Biasanya dilokasi-lokasi wisata atau tempat belanja, ada program diskon atau promosi. Program diskon yang terlihat besar-besaran bisa mendorong Anda untuk membeli barang-barang yang tak diperlukan. Sebaiknya jangan mudah tergiur, teliti dengan cermat apakah Anda membutuhkan barang tersebut atau tidak.

 

4. Beli barang yang murah namun bermanfaat

Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya carilah barang dengan harga yang murah, dan cukup berkualitas. Namun walaupun harga yang ditawarkan sudah murah, jangan lupa untuk melakukan penawaran untuk memperkecil pengeluaran. Lakukan penawaran dengan tenang, jangan menunjukan kesan Anda sangat tertarik pada barang tersebut.

 

5. Bersikap tenang

Selama berbelanja, lakukan dengan tenang, jangan terburu-buru, hindari belanja saat jam sibuk atau Anda tak punya cukup waktu untuk berbelanja.

http://www.aztama.com

  • Ainevele Ainevele

    Tipsnya bagus nih, Tapi memang benar, kadang sudah bikin daftar belanja tapi masih tergiur aja dengan produk yang ditawarkan. Kalau ga kuat-kuat bisa over budget apalagi didaerah wisata, produknya baru kita lihat harganya juga mungkin lebih mahal. Makasi yaa